Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Nama Sekolah             :

Mata Pelajaran            :

Kelas / Semester          :

Alokasi Waktu            :

A.    Standar Kompetensi (1)

1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

B.     Kompetensi Dasar (1.2)

Mendiskripsikan hakikat norma-norma kebiasaan, adat-istiadat peraturan yang berlaku dalam masyarakat

C.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

1. Menjelaskan pengertian norma.

2. Menjelaskan alasan pentingnya norma dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat.

3. Menyebutkan perbedaan norma yang bersifat formal dengan norma yang bersifat non for-

Mal dan berikan masing- masing  contohnya. 

D. Materi Pembelajaran

1. Menjelaskan pengertian norma adalah kaidah atau aturan yang disepakati dan memberi

Pedoman bagi para anggota- anggotanya dalam mewujudkan sesuatu yang dianggap ba-

ik,benar dan diinginkan.

2. Menjelaskan alasan pentingnya norma dalam kehidupan sehari-hari

Untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib dan teratur.

3. Menjelaskan perbedaan norma yang bersifat formal dan non formal .

– Norma yangbersifat formal adalah aturan tertulis yang dibuat oleh lembaga resmi yang

Berwenang . contoh UU dan PP.

–          Norma yang bersifat non formal adalah.aturan tidak tertulis yang diakui keberadaannya

Oleh masyarakat. Contoh aturan dalam keluarga.

E.   Metode pembelajaran

– Ceramah Tanya jawab

– Diskusi

– Penugasan

F. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

Keterangan

1. – Pendahuluan- Berdoa

– Mengecek kehadiaran siswa

– Tanya jawab sebagai umpan balik

– Informasi kompetensi dasar yang akan

Dicapai

10 Menit

– Apersepsi- Motivasi
2. Kegiatan inti-          Guru menginformasikan konsep tentang norma dan pentingnya norma dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat

–          Tanya jawab tentang perbedaan norma yang bersifat formal dan non formal.

60 Menit

3. Penutup-          Pos tes untuk mengetahui daya serap siswa tentang apa yang sudah dibahas bersama

–          Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

–          Menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan didiskusikan minggu depan tentang macam-macam norma dan sanksinya.

10 Menit

Refleksi

G. Sumber belajar

– Buku paket PKn kelas VII” Erlangga

–  Buku Sekolah Elektronik.

–  UUD 1945→Hasil Amandemen

H. Penilaian

Proses dan hasil belajar

Jenis tagihan

a.       Tes : – Uraian singkat

– P G

Pertemuan 2.

A.    Tujuan pembelajaran.

1.      Menyebutkan perbedaan norma agama, kesusilaan, kesopanan dan hukum dari segi :

a.       Isinya

b.      Sumbernya

c.       Sifatnya

d.      Sanksinya

2.      Menunjukkan contoh penerapan norma agama kesusilaan, kesopanan dan hukum dalam lingkungan :

a.       Keluarga

b.      Sekolah

c.       Masyarakat

d.      Berbangsa dan bernegara

B.     Metode Pembelajaran

– Diskusi kelompok

– Penugasan

C.    Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Langkah Pembelajaran

Waktu

Kegiatan

1. Pendahuluan- berdo’a

– mengecek kehadiran siswa

– menyampaikan kompetens dasar yang akan   dicapai

– menyampaikan teknik diskusi

10 menit

Pengelolaan kelas
2. Kegiatan Inti-  Membagi siswa ke dalam delapan kelompok (5 orang)

–  Membagikan siswa lembaran yang akan di diskusikan secara berkelompok

– Setelah siswa mendapatkan alternatif jawabannya, setiap kelompok diminta melaporkan hasil diskusinya di depan kelas

–  Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberi masukan berupa saran

–  Guru memberikan klarifikasi atas jawaban siswa yang masih kurang sempurna

60 menit

– Inquiry- Constructivism

– Learning community

– Question

– Authentic Assessment

– Refleksi

3. Penutup-  Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi

–  Memberikan tugas kepada siswa tentang mengapa hukum itu penting bagi warga Negara.

–  Refleksi → merefleksi kembali kegiatan yang sudah dilakukan

Melakukan refleksi.

D.    Sumber belajar

–          Buku  PKn  kelas VII terbitan Erlangga.

–         Buku PKn terbitan tiga serangkai

–         Buku Sekolah elektronik.terbitan Pusat Pembukuan Nasional.

–         Penilaian

Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses belajar mengajar

a. Tehnik penilaian      : observasi, tes tertulis

b. Bentuk instrument : lembar observasi, pilihan Ganda.

no

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Keterangan

Keaktifan

Ketepatan

Waktu

Ketepatan jawaban

a. keaktifan11.aktif sekali=90

2.cukup aktif =85

3.kurang aktif=78

b.Ketepatan waktu

1. tepat waktu = 90

2. lebih 5menit=85

3.lebih 10 menit=80

c.Kebenaran jawaban.

1. jawaban benar semua= 90

2. jawaban benar

90%= 85.

3.jawaban 75%= 80

Indikator Pencapaian

Tehnik Penilaian

Bentuk instrument

Instrumen

Menjelaskan pengertian norma secara umumAlasan pentingnya norma dalam kehidupan sehari-hari

Tertulis

Tertulis

Uraian

Uraian

1.      Jelaskan pengertian norma secara umum :2.      Coba kamu kemukakan alasan pentingnya norma dalam kehidupan :

a.       keluarga

b.      sekolah

c.       masyarakat

-Menyebutkan perbedaan norma yang bersifat formal dan non formal- menjelaskan pengertian norma agama

Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian

PG

3. Sebutkan perbedaan norma yang bersifat formal dengan norma yang bersifat non formal.4.  Yang merupakan pengertian norma agama adalah Aturan hidup yang bersumber dari :

a. Tuhan YME

b. Negara

c. Hati Nurani

d. Pergaulan sekelompok

masyarakat

Menyebutkan perbedaan Norma Agama dengan Norma hukum kesusilaan dan kesopanan dari segia.isinya

b.sumbernya

c.sifat

d.sanksinya

Tes tertulis

Uraian

PG

5.  Sebutkan perbedaan norma agama dengan norma hukum dari segi sumber, sifatnya dan isinya6.  Norma kesopana bersifat….

a. memaksa

b. fleksibel

c. relatif

d. universal

Idem

Tertulis

PG

7.  Mencuri, membunuh adalah perbuatan melanggar norma agama dan hukum sanksi bagi pelanggaran normahukum adalah ….

a. disiksa

b. dikucilkan

c. dimasukkan neraka

d. dipidana

Menunjukkan contoh penerapan norma agama, kesusilaan, kesopanan dan hukum dalam kehidupan sehari-hari

Tes tertulis

Tes tertulis

PG

PG

8.  Menghormati orang yang lebih tua adalah perbuatan terpuji yang harus di junjung tinggi karena merupakan penerapan normaa. Agama

b. Kesusilaan

c. Kesopanan

d. Hukum

9.  Untuk menerapkan norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara

a. melaksanakan tugas

dan kewajiban dengan

jujur

b. rajin beribadah

c. cinta tanah air dan

bangsa

d. yang melanggar diberi

sanksi

Tertulis

PG

10.Orang yang melaksanakan norma agam pada dasarnya melaksanakan pulaa. norma-norma lainnya

b. norma hukum

c. norma kesusilaan

d. norma kesopanan

Kunci Jawaban :

  1. Pengertian norma secara umum adalah kaidah atau pedoman dalam mewujudkan suatu nilai yang berwujud perintah dan larangan/ kaidah atau ketentuan yang mengikat warga/

Kelompok dijadikan sebagai pedoman untuk mewujudkan kehidupan yang baik benar dan diinginkan.

  1.  pentingnya norma dalam kehidupan keluarga adalah untuk mengatur tingkah laku dan perbuatan setiap anggota keluarga agar terwujud kehidupan yang aman, tertib dan damai dalam lingkungan keluarga itu sendiri
  2. Perbedaannya adalh norma yang bersifat formal berupa aturan tertulis yang dibuat lembaga resmi seperti : SK, UU.

Sedangkan norma non formal atuaran tidak tertulis yang diakui keberadaannya oleh anggota masyrakat dan hgarus ditaati.seperti : aturan dalam keluarga, adapt istiadat.

  1. Perbedaan norma agama dengan norma kesopana dan norma hukum adalah

No

Norma

Sumber

Sifat

Isi

1. Agama Dari Tuhan Yang Maha Esa → kitab suci masing-masing agama Abadi / Universal – perintah- larangan
2. Hukum Negara → dibuat oleh lembaga yang berwenang Mengatur dan memaksa PerintahAnjuran
  1. a
  2. c
  3. d
  4. c
  5. A
  6. A

Pedoman Penilaian.

1.Skor masing-masing soal uraian adalah 1=8,2=12,3=8,4=12

2. Skor maxsimal uraian adalah 40

3. Skor maxsimal PG adalah 60

4. Skor maxsimal adalah 100

5. Nilai maxsimal = 100

Mengetahui :

Guru Mata Pelajaran